Scroll untuk baca berita
Suarapos.co.id
Example floating
Example floating
Suarapos.co.id
Suarapos.co.id
Bangka SelatanPolitik

Malam Menjelang Pencoblosan, KPU Basel Musnahkan 1.494 Lembar Surat Suara Pemilu

25
×

Malam Menjelang Pencoblosan, KPU Basel Musnahkan 1.494 Lembar Surat Suara Pemilu

Sebarkan artikel ini

SUARAPOS.CO.ID – Jelang hari pencoblosan, KPU Bangka Selatan musnahkan 1.494 lembar surat suara pemilu 2024 yang rusak dan berlebih.

Surat suara yang dimusnahkan dengan cara di bakar di halaman kantor KPU Basel, Selasa (13/2/2024), malam.

Pemusnahan surat suara disaksikan Wakapolres Bangka Selatan Kompol Hary Kartono, Kasi Intelijen Kajari Bangka Selatan Michael Yandi Tampubolon, Plt Kepala Satpol PP Bangka Selatan Gatot Wibowo, dan Ketua Bawaslu Bangka Selatan Amri.

Ketua KPU Bangka Selatan, Muhidin mengatakan, surat suara yang  dimusnahkan lantaran kelebihan pengiriman ditambah surat suara yang rusak.

Baca Juga  M. Qodari: Inilah Realitas Politik Indonesia Ingin Pilpres Sekali Putaran

Pemusnahan dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan terhadap surat suara ini.

“Untuk surat suara Pilpres ada 23 yang rusak, DPD RI ada 47 baik dan rusak 73, DPR RI 454 baik dan rusak 181, DPRD Provinsi Dapil 3 ada 30 baik dan rusak 127 lembar,”ujar Muhidin dikonfirmasi Mediaqu jaringan suarapos.co.id, tadi malam.

“Kemudian ada surat suara salah kirim DPRD Propinsi Dapil 2 sebanyak 44. Lalu surat suara DPRD Bangka Selatan ada 433 surat suara baik dan 82 surat suara rusak,”sambung Muhidin.

Dijelaskan Muhidin, untuk proses pemusnahan surat suara dilakukan setelah melalui rapat pleno bersama, disaksikan Kejari, Polres, Kodim serta Bawaslu.

Baca Juga  RSUD Basel Kini Dilengkapi Gedung Rawat Inap Baru, Kapasitas 74 Tempat Tidur

“Sedangkan untuk suplai ke  surat suara ke 555 TPS seluruhnya telah kita selesaikan. Sedangkan untuk kelebihan surat suara yang dimusnahkan sesuai perintah KPU RI guna menghindari penyalahgunaannya,”jelas Muhidin. (suf/mediaqu)

Suarapos.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *