Scroll untuk baca berita
Suarapos.co.id
Example floating
Example floating
Suarapos.co.id
Suarapos.co.id
Suara BanyuasinSumsel

Wartawan Banyuasin Kampanye Tolak Golput dan Politik Uang

32
×

Wartawan Banyuasin Kampanye Tolak Golput dan Politik Uang

Sebarkan artikel ini

SUARAPOS.CO.ID, BANYUASIN – Menyambut pesta demokrasi yang akan digelar pada Tahun 2024 mendatang, Sekber Wartawan Indonesia (SWI) mengadakan Deklarasi Tolak Politik Uang dan Golput untuk Pemilu 2024 yang di adakan di halaman depan pusat kuliner pangkalan balai pada, hari Rabu, (10-01-2024)

Pj Bupati Banyuasin H.Hani Syopiar Rustam, SH didampingi Sekda Banyuasin Ir. Erwin Ibrahim, ST., MM., M.BA IPU ASEAN ENG, Ketua SWI Sumsel Alek Pandawalima, dan ketua SWI Banyuasin Budi Alamsyah.

Politik uang adalah suatu bentuk pemberian janji atau menyuap seseorang supaya orang tersebut menjalankan haknya untuk memilih sesuai kehendak pemberi suap, pada saat pemilihan umum.

Hal tersebut bisa dilakukan menggunakan uang ataupun barang. Saat ini praktik politik uang banyak sekali terjadi di tengah masyarakat.

Baca Juga  Sekda Banyuasin Resmikan Musholla Al-Hakim dan Aula HM Syarifuddin, Ketua PN Pangkalan Balai: Allah Mengabulkan Doa Kami

Untuk itu Pj Bupati Hani S Rustam mengatakan Pemilu adalah sarana pelaksanaan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (LUBER), yang merupakan asa pemilu dilaksanakan dalam kurun waktu 5 (lima) Tahun sekali.

Hal itu sebagaimana diatur dalam UUD 1945 dan UU No. 7 Tahun 2017 tentang pemilihan Umum Suksesnya Penyelenggaraan pemilihan Umum ini tidak terlepas dari peran aktif oleh semua pihak dalam memberikan pembelajaran dan pencerdasan politik kepada masyarakat untuk mengembangkan kehidupan demokrasi.

“Saya menghimbau kepada bersama steakholders yang berhubungan dengan pemilihan umum ini untuk bekerja secara maksimal demi suksesnya pemilihan umum anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Banyuasin periode 2024 – 2029 sesuai dengan azaz penyelenggara pemilu yaitu secara
mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas dan profesionalitas,”imbuhnya.

Baca Juga  PJ Bupati Banyuasin Sampaikan LKPD Tahun Anggaran 2023

Sebagai informasi deklarasi kali ini ditandai dengan penandatanganan fakta integritas dukungan oleh LSM, Ormas, dan OKP dari 21 elemen yang dilaksanakan oleh Pj Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam serta penyerahan cinderamata.

Hani juga berharap Untuk Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 tidak ada lagi yang melakukan Praktek Politik Uang, Sara, Intimidasi, Kekerasan dan Aktivitas dalam bentuk apapun yang dapat mengganggu bagi demokrasi kedaulatan rakyat.

“Pemerintah Kabupaten Banyuasin sangat mendukung dalam Kegiatan Kampanye Anti Golput dan Tolak Politik Uang, Politisasi sara untuk Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun
2024 yang berintegritas. Mari lawan dan hindari politik yang berbau Fitnah, Kampanye berbau Sara dan Kampanye yang Berujar Kebencian”, tegasnya.

Baca Juga  Tol Linggau - Bengkulu Belum Jelas

Hani juga menambahkan dalam menjamin suksesnya penyelenggaraan Pemilu tersebut, Pemerintah sebagai regulator dan fasilitator, tentunya memberikan fasilitasi dan dorongan agar pesta demokrasi berjalan sukses, aman, lancar dan tertib, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Walaupun merupakan tugas dan wewenang KPU dan Panwaslu Kabupaten Banyuasin namun
sesungguhnya kesuksesan dan kelancarannya
menjadi tanggungjawab kita semua,”

“Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh komponen masyarakat Banyuasin termasuk teman teman media kiranya dapat memberikan dukungan dengan menciptakan suasana yang kondusif sehingga pelaksanaan tersebut berhasil sesuai dengan yang kita harapkan,” tutupnya. (diskominfo)

Suarapos.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *