Scroll untuk baca berita
Suarapos.co.id
Example floating
Example floating
Suarapos.co.id
Suarapos.co.id
Nasional

Jalin Persaudaraan, Journalist Association of Korea Kunjungi Bali Post

36
×

Jalin Persaudaraan, Journalist Association of Korea Kunjungi Bali Post

Sebarkan artikel ini

BALI –  Rombongan wartawan Korea Selatan yang tergabung dalam The Journalist Association of Korea (JAK) melakukan kunjungan ke Kantor Bali Post, Denpasar pada Senin (6/11/2023).

Kunjungan wartawan JAK merupakan hasil kerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Kedua asosiasi ini memang sudah kerap berbalas kunjungan sejak 5 tahun terakhir, untuk berbagi informasi dalam mengembangkan organisasi dan situasi terkini antarkedua negara di bidang sosial, budaya, hukum, politik, dan ekonomi. JAK merupakan organisasi wartawan terbesar di Korea dengan jumlah anggota 10 ribu wartawan.

Rombongan yang berjumlah 11 wartawan ini dipimpin langsung oleh Presiden JAK, Kim Dong-hoon. Kedatangan JAK disambut langsung oleh Wakil Ketua Bidang Luar Negeri PWI, Petty S. Fatimah; Ketua PWI Bali, I GMB Dwikora Putra; Direktur Konfederasi Wartawan ASEAN PWI, Widian Vebriyanto; dan Pemimpin Redaksi Bali Post, I Wayan Dira Arsana; dan segenap jajaran Bali Post.

Baca Juga  256 Napi Teroris Lepas Baiat

Dalam sambutannya, Petty S. Fatimah mengatakan bahwa acara ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan persaudaraan, koneksi, dan kerjasama wartawan kedua negara dan telah dilakukan berkali-kali.

“Media dan wartawan di Korea dan Indonesia berupaya mencapai tujuan yang sama, yaitu menciptakan pers yang bebas dan bertanggung jawab, serta mampu bertahan dalam menghadapi disrupsi internet dan teknologi digital,” ujarnya.

Hal yang sama turut disampaikan Kim Dong-hoon. Dia berharap hubungan PWI dan JAK bisa terus terjalin secara harmonis. Pertukaran informasi kedua negara melalui kunjungan langsung, sambungnya, bisa semakin memberi pemahaman wartawan Korea tentang Indonesia. Begitu juga sebaliknya.

Baca Juga  HPN 2024: Kementerian ATR/BPN Sosialisasikan Pentingnya Penataan Akses dalam Reforma Agraria

“Kami berharap hubungan ini bisa terus berlanjut dan harmonis,” kata Kim Dong-hoon.

Sementara itu, I Wayan Dira Arsana menyambut baik kunjungan JAK ke kantornya. Sekjen PWI Bali itu merasa senang JAK bisa kembali berkunjung ke Bali, apalagi di Bali sedang terjadi demam Korea di kalangan anak muda.

“Antusiasme generasi muda di Bali terhadap K-Pop dan drama Korea sangat tinggi. Ini terlihat dari semakin banyaknya anak muda Bali yang mengambil jurusan sastra Korea,” tutupnya.

Sebagai tuan rumah kunjungan JAK, I GMB Dwikora Putra menjelaskan bahwa rombongan ini akan berada di Bali hingga Kamis (9/11). Selanjutnya, JAK akan terbang ke Jakarta hingga Sabtu (11/11). Di Jakarta, mereka akan diajak melakukan media tour dan menikmati sejumlah wisata Jakarta. Termasuk menggelar pertemuan dengan Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun.

Baca Juga  Polwan Cantik Jadi Komandan Upacara Kenaikan Pangkat 4 Pati Polri

Total ada 12 peserta dalam kunjungan tersebut. Dengan rincian, 11 orang tiba pada Minggu malam (5/11) dan 1 orang menyusul pada Selasa malam (7/11/2023).

Selama di Bali mereka menginap di Hotel Truntum Kuta Bali, yang berada persis di bibir Pantai Kuta.

“Hari ini kami ajak mengunjungi Bali Post, menikmati Danau Bedugul, dan dilanjut sunset di Tanah Lot. Setelah dari Tanah Lot, kami akan jamu di Pemda Tabanan,” tutupnya. (rel)

Suarapos.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *