Scroll untuk baca berita
Suarapos.co.id
Example floating
Example floating
Suarapos.co.id
Suarapos.co.id
Suara Muba

720 UKM di Muba dapat Bantuan Modal Usaha

22
×

720 UKM di Muba dapat Bantuan Modal Usaha

Sebarkan artikel ini

SEKAYU – Sebanyak 720 UMKM di Musi Banyuasin (Muba), masing – masing menerima bantuan tambahan modal usaha sebesar, Rp2,5 juta.

Bantuan ini disalurkan oleh PJ Bupati Muba H Apriyadi Mahmud bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Auditorium Pemkab Muba, Kamis (15//2/2024).

Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud menyampaikan terima kasih kepada pengurus Baznas Kabupaten Muba yang telah melaksanakan program – program yang sangat menyentuh kepentingan masyarakat.

Diantaranya program pemberdayaan ekonomi, berupa Bantuan Modal Usaha Individu bagi pedagang kecil serta Bantuan Beasiswa bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu.

“Kita patut bersyukur kehadirat Allah SWT karena sejak tahun 2019 Pemkab Muba telah memiliki Regulasi berupa Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2019 tentang Pengelolaan Zakat, Infak dan Sebagai tindak lanjut dari Undang -undang 23 tahun 2011, tentang pengelolaan zakat,”ujar Apriyadi.

Baca Juga  Istri di Muba Potong 'Burung' Suami, Pelaku Cemburu Korban Nikah Lagi

Dengan adanya Peraturan tersebut seluruh PNS / ASN di Kabupaten Muba membayar zakatnya atau infaknya melalui Baznas Kabupaten Muba.

“Dari dana zakat dan infak para PNS / ASN tersebut, kita dapat membantu masyarakat Kabupaten Muba secara lebih luas dan lebih komprehensif. Sekaligus membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”bebernya.

Apriyadi juga berpesan, khusus kepada para penerima Bantuan Tambahan Modal Usaha dan penerima Bantuan Beasiswa, dirinya mengucapkan selamat.

Dia berharap bantuan yang diberikan ini bermanfaat dan menjadi motivasi untuk lebih semangat lagi dalam berusaha bagi para pelaku usaha, dan semoga semakin giat belajar meraih prestasi dalam menyelesaikan kuliahnya bagi para mahasiswa penerima beasiswa.

Baca Juga  Telan Dana Rp60 Miliar, Jalan Desa Tanjung Agung Jadi Contoh Pembangunan di Muba

“Sesuai laporan dari Ketua Baznas Kabupaten Muba tadi bahwa pada tahun 2024 ini untuk Bantuan Tambahan Modal Usaha Individu masing-masing sebesar Rp. 2.500.000,”katanya.

“Yang terpilih dari masing-masing Desa/Kelurahan sebanyak 3 orang, sehingga untuk seluruh Desa/Kelurahan kurang lebih 240 x 3 = 720 orang dengan total Anggaran Rp. 1,8 Milyar,”jelas Apriadi.

Sementara untuk Beasiswa S1 setiap semester dibantu sebesar Rp 2 Juta per-orang x 75 orang, untuk dua semester Total beasiswa S1 sebesar ( 2 x 75 x Rp 2Juta) = Rp. 300 Juta. Sekali lagi saya ucapkan selamat, semoga bermanfaat.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Muba Wardata SPd, didampingi ketua panitia HM. Moh. Jaya, dan wakil ketua baznas HM.

Baca Juga  Kampung PJ Bupati Muba Terendam Banjir, Akses Jalan Putus

Madali mengatakan, bantuan hari ini masuk dalam program Baznas yakni kegiatan Muba Makmur dan program Muba Cerdas.

Dia menjelaskan tujuan bantuan ini guna meningkatkan penghasilan para mustahik yang melakukan usaha ekonomi produktif/UKM atau pedagang kecil di Kabupaten Muba sekaligus membantu Pemkab Muba dalam mengurangi angka kemiskinan.

Selain itu, di juga berharap bantuan yang telah disalurkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membantu para orang tua mahasiswa untuk meringakan biaya kuliah bagi mahasiswa.(***)

Suarapos.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *